Berharap Berkah Sunan Bonang, Tiga Hari Sebelum Haul Sudah Pasang Tenda

472
Sejumlah pedangan musiman pada saat acara Haul Sunan Bonang yang memadati jalan-jalan utama menuju Makam Sunan Bonang.

kabartuban.com – Ratusan pedagang dari berbagai daerah, sudah mulai memadati jalan-jalan di seputaran alun alun Kabupaten Tuban. Mulai dari jalan Kartini, Veteran dan jalan KH Mustain, P. Sudirman dll, tidak hanya itu, warga masyarakat dari berbagai wilayah juga mulai berjubel untuk berziarah sebelum Haul Sunan Bonang besok malam (5/10/2017).

Para pedagang yang menjajakan beragam jenis dagangan ini sengaja datang dari daerah asalnya untuk ikut berharap berkah peringatan Haul Sunan Bonang.

Salah satu pedagang asal Kabupaten Pasuruan, Abdul mengatakan, dirinya sudah datang untuk menjajakan daganganya berupa peralatan rumah tangga sejak dua hari lalu. pria yang datang bersama dua rekanya ini hampir setiap tahun datang saat acara haul Sunan Bonang, dan berjualan ditempat yang sama.

“Saya hampir setiap tahun berjualan disini, tempatnya juga selalu di daerah sini aja, di pinggir trotoar alun-alun,” kata pria paruh baya ini.

Abdul mengaku, daganganya selalu laris terjual, karena pengunjung dari berbagai daerah akan datang dalam peringatan Haul Sunan Bonan. Mereka biasanya akan berkeliling untuk berbelanja setelah melakukan ziarah di tempat makam salah satu Wali Songgo (Sembilan Waliyullah) penyebar agama islam di tanah Jawa ini.

“Alhamdulillah laris mas, pokoknya besok pulang dagangan lebih sedikit,” terang Abdul.

Ditempat yang berbeda, pedagang makanan juga sudah mulai berdatangan, tidak tanggung tanggung, mereka bahkan sudah datang sejak selasa atau sudah tiga hari berdagang menyambut peringatan Haul Sunan Bonang.

“Sudah jadi agenda rutin, karena selalu ramai,“ ujar Mutalib pedagang makanan khas Kudus.

Untuk diketahui, peringatan Haul Sunan bonang setiap tahunya selalu dipadati pengunjung dari berbagai daerah, tidak hanya dari Jawa Timur, peziarah bahkan datang dari luar daerah hingga luar pulau.  (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE