Dikejar Satpol PP, Orgil Nyebur Laut

1197
Tim SAR BPBD Kabupaten Tuban saat melakukan koordinasi guna mencari ODGJ yang lari dan hilang ditengah laut.

kabartuban.com – Berusaha kabur dari penertiban petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban. Pria telanjang buat yang di duga penderita Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau orang gila (Orgil) nekat nyebur ke laut.

Pria yang diperkirakan berusia antara 30-35 tahun itu sebelumnya berkeliaran di kawasan Gerdu Laut, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban. Menurut keterangan, pria ini juga sudah dua hari meresahkan masyarakat karena tanpa busana di jalan.

Sebelum kejadian, informasi yang dihimpun kabartuban.com di lokasi menyebutkan, sekitar pukul 10:00 WIB, petugas Satpol PP  yang mendapat informasi dari warga langsung datang ke lokasi, maksudnya untuk mengamankan agar tidak membuat risih dan onar warga sekitar kelurahan Karangsari.

“Tadi orang gila itu masuk ke Rumah Sakit Muhammadiyah, kemudian akan ditangkap oleh Satpol PP untuk diberikan pakaian. Orang itu malah lari kearah laut itu,” kata Samirin, Nelayan waga Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban (02/02)

Menurutnya, saat dikejar Satpol PP, pria itu langsung menuju ke pantai Gerdu Laut (utara RS Muhammadiyah), kemudian lari ke tengah laut. ”Larinya cepat, orang itu cukup sehat dan masih muda,” terang nelayan ini.

Meski arus laut agak berbahaya, Orgil tersebut terus berlari kearah utara hingga akhirnya tidak terlihat dari lokasi Samirin berada. “ Terakhir saya lihat hanya tampak kepalanya saja, kemudian tidak tampak lagi,” ungkapnya.

Sementara dilokasi, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban masih terlihat mencari, dan menyusur sekitar lokasi korban diduga menghilang.

Tak selang beberapa lama atau sekitar 2 hingga 3 jam, Kepala Satpol PP Pemkab Tuban Heri Muharwanto mengabarkan kalau ODGJ  tersebut dapat ditemukan di wilayah Kecamatan Palang.

 “Alhamdulillah, ODGJ sudah ketemu dengan selamat di wilayah Kecamatan Palang mas, “ kata Kasatpol PP Pemkab Tuban. (Luk)

/