eL-SAL dan EMCL Apresiasi Partisipasi Masyarakat Trutup dalam PATRA DAYA 2017

156
Kepala Desa Trutup Arif Bambang Dayono saat memberikan sambutan serah terima pembangunan gedung TK.

kabartuban.com – Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Study dan Advokasi Lingkungan (eL-SAL) dan EMCL memberikan Apresiasi atas partisipasi masyarakat Desa Trutup Kecamatan Plumpang dalam mensukeskan Program PATRA DAYA 2017.

Apresiasi tersebut disampaikan dalam Musyawarah Desa Pertanggungjawaban dan Serah Terima Pembangunan Gedung TK yang dilaksanakan hari Jum’at (22/12/2017) yang dihadiri oleh Kepala Desa dan perangkatnya, Ketua BPD, Ketua LPMD, RT, RW, Tokoh Masyarakat Desa serta wali murid.

“Alhamdulillah, akhirnya program ini selesai sesuai dengan rencana, bahkan malah lebih,” kata Direktur eL-SAL, Ahmad Shohib dihadapan seluruh undangan yang berjumlah lebih dari 100 orang.

Diterangkan, volume awal sesuai Pagu Anggaran sebenarnya hanya bisa mengcover volume bangunan dengan panjang 10 m x 6 m tanpa keramik lantai dan pengecatan dinding, namun dalam pelaksanaannya Tim Pelaksana Kegiatan/Timlak dan Masyarakat Desa Trutup mampu merealisasikan Volume bangunan dengan panjang 12 m x 6,2 m lengkap dengan keramik lantai dan pengecatan dinding.

Sebagai Mitra Pendamping program, eL-SAL Indonesia memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada TIMLAK dan Masyarakat Desa Trutup karena telah menyukseskan dan menyelesaikan Pembangunan Gedung TK.
“Awalnya kami khawatir pembangunan tidak bisa selesai 100% karena Timlak kebahisan dana, akan tetapi karena niat baik serta rasa memiliki dan jiwa gotong royong masih tertanam di tengah masyarakat, akhirnya selesai sesuai deadline yang ditentukan,” tambah Shohib.

Hal senada juga disampaikan oleh PIC ExxonMobil Cepu Ltd, Andi Widianto dalam sambutanya. Inilah yang sebenarnya diharapkan program, yakni terjadi Kemitraan Perusahaan dan Masyarakat, sesuai namanya Program Aksi Kemitraan untuk Pemberdayaan Masyarakat (PATRA DAYA).

“Kami tidak mengambil peran pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan di desa, namun kami berusaha menjadi tetangga yang baik bagi masyarakat,” kata Andi Widianto.

Sementara itu, Kepala Desa Trutup, Arif Bambang Dayono dalam sambutanya mengucapkan terima kasih kepada EMCL karena telah mengalokasikan dana CSR nya untuk membantu pembangunan di Desa Trutup, bantuan ini sangat bermanfaat bagi desa dan masyarakat.

Arif berharap agar tahun 2018 dan seterusnya, EMCL juga masih memprioritaskan Desa Trutup untuk menerima bantuan program kembali.

Begitu juga Purhadi, Ketua Timlak melaporkan bahwa pekerjaan pembangunan Gedung TK yang dilaksanakan selama 55 hari efektif ini selain mengelola dana dari EMCL, juga mengelola swadaya masyarakat.

“Dukungan swadaya masyarakat cukup besar, mulai uang tunai, material seperti semen dan termasuk juga swadaya berupa makanan untuk tukang dan pekerja selama bekerja di TK, kalau kita hitung keseluruhan nilai swadaya mencapai 25 juta,” kata Purhadi dalam laporan pertanggungjawabannya.

Prosesi serah terima pembangunan Gedung TK dari Exxon dan eL-SAL kepada Pemerintah Desa Trutup secara simbolis dilanjutkan dengan potong tumpeng tasyakuran dan potong pita usai laporan ketua Timlak.

Untuk diketahui, selain di Trutup, eL-SAL dan EMCL juga telah melaksanakan kegiatan serah terima pembangunan Pendopo Desa Ngrayung Plumpang dan Pavingisasi Jalan Lingkungan di Desa Karangagung Palang.

Rencananya, minggu depan juga akan dilaksanakan kegiatan serupa di Desa Ngimbang Kecamatan Palang, yakni Pembangunan Tembok Penahan Tanah dan di Desa Sumberagung Plumpang kegiatan Pembangunan Sumur Bor. (kh)

Apa Komentarmu?

SHARE