Entas Kemiskinan Melalui BUMDesa 

123
Lianto perwakilan Sekretriat Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur saat memberikan sambutan.

kabartuban.com – Program Pemerintah Provinsi Jawa Timur 2018 berupa Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) diharapkan dapat memperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Hal itu disampikan Lianto perwakilan Sekretriat Jalin Matra Provinsi Jawa Timur dalam sosialisasi Jalin Matra 2018, Selasa (11/4/2018) di gedung KOPPRI Tuban, kalau dalam sosialisasi program Jalin Matra tersebut guna menyamakan persepsi program pengentasan kemiskinan melalui BUMDesa.

“Program Jalin Matra sendiri memiliki 3 kegiatan unggulan, diantaranya, bantuan rumah tangga sangat miskin (RTSM), Penanggulangan Feminisasi Kemiskinan (PFK) yang diserahkan langsung kepada bersangkutan, sedangkan Penanggulangan Kerentanan Kemiskinan (PK2) diberikan melalui BUMDesa ,” ujar Lianto.

Program Jalin Matra Provinsi Jawa Timur ini telah ada di Kabupaten Tuban sejak 2015. Dan pada 2018 program Bantuan RTSM sudah mencakup 18 desa di 6 kecamatan. Disamping itu untuk bantuan PFK meliputi 11 desa di 3 kecamatan, sedangkan bantuan PK2 mencakup 8 desa di 5 Kecamatan.

Gayung bersambut, Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan KB Kabupaten Tuban, Suprihono juga mengatakan, kalau program ini tidak hanya sebagai upaya jangka pendek. Terlebih untuk memberikan bantuan kepada Kepala Rumah Tangga Perempuan (KRTP), yang diharapkan berkelanjutan dalam rangka untuk mengantisipasi adanya perangkap kemiskinan.

“Melalui Jalin Matra PK2, nantinya akan memperkuat keberadaan kelembagaan baru di pedesaan, yaitu BUMDes,” sambungnya.

Karena, Jalin Matra PK2 kedepan dapat  menempatkan BUMDes sebagai instrumen pemberdayaan Program Pemerintah Provinsi Jawa Timur berupa Jalan Lain Menuju Mandiri dan Sejahtera (Jalin Matra) diharapkan dapat memperkuat Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Seluruh Desa yang mendapatkan PK2 sudah memiliki BUMDesa, dan diharapkan sasaran yang menjadi prioritas utama pada KRTP yang memiliki usaha,” tambahnya.

Untuk diketahui, saat ini terdapat 130  BUMDesa di Kabupaten Tuban, dan ditargetkan untuk tahun 2018 ada 40 BUMDesa terbentuk melalui suport progam Jalin Matra Provinsi Jawa Timur. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE