Grebeg Pasar Jelang Tahun Baru, Polres Tuban Pastikan Harga Sembako Stabil

282
Kapolres Tuban saat melakukan kunjungan ke Pasar Baru Tuban

kabartuban.com –  Menjelang Natal dan Tahun Baru 2019, Polres Tuban bersama stakeholder Kabupaten Tuban melakukan pengecekan harga bahan pokok di Pasar Baru Tuban. Dalam kegiatan tersebut, Polres Tuban bekerjasama dengan Dinas Perekonomian dan Perdagangan (Diskoperindag), Dinas Kesehatan, Dinas Perikanan dan Peternakan, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan dan Bulog Kabupaten Tuban.

Kapolres Tuban AKBP. Nanang Haryono mengatakan, dalam pengecekan tim gabungan di Pasar Baru Tuban pagi ini masih belum ditemukan kenaikan harga yang signifikan, beberapa harga bahan pokok yang diperjualbelikan masih terbilang normal. Polres Tuban akan terus mengawal perkembangan harga bahan pokok di Kabupaten Tuban, bersama stakeholder Bumi Wali dan instansi terkait.

“Kita sama-sama mengecek tadi ke dalam, semua harga bahan pokok baik itu daging, beras, minyak dan yang lain rata-rata bisa dikatakan stabil. Ini yang akan kita jaga menjelang perayaan natal dan tahun baru,” kata Perwira angkatan 2000 tersebut.

Terkait permainan harga sembako, Kapolres mengimbau agar masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, di Kabupaten Tuban sudah ada Satgas Pangan, yang bekerjasama dengan seluruh stakeholder untuk menangani hal tersebut. Bahkan, hingga saat ini, dengan kerjasama yang baik, Satgas Pangan di Bumi Wali menduduki peringkat pertama diantara 39 Polres yang ada di Jawa Timur. Dalam hal ini, ia tak segan untuk menindak tegas jika terdapat oknum yang didapati memainkan harga bahan pokok tersebut.

“Jangan khawatir, kita semuanya akan normatif, jika ada yang bermain (harga sembako) itu, tidak usah ragu-ragu, akan kita proses sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku,” tegasnya.

Menurut Kepala Dinas Perekonomian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya, sementara ini harga bahan pokok masih terbilang stabil dan aman. Meskipun beberapa bahan pokok mengalami kenaikan, namun tidak berpengaruh dibandingkan suplai yang tersedia, masih terbilang wajar. Ia berharap kondisi ini tetap stabil, menjelang perhelatan Natal dan Tahun Baru 2019 mendatang.

“Hanya naik sedikit, dan itu masih wajar. Jangan sampai naik drastis,” terang Agus saat ditemui di Pasar Baru Tuban.

Ia menuturkan, ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Tuban selama kurun waktu Bulan Desember 2018 hingga Bulan Februari 2019 masih cukup. Kendati demikian, pihaknya akan terus memonitor perkembangan harga bahan pokok di lapangan dan meninjau suplai bahan pokok dari distributor yang ada. Selama tidak ada permintaan pasar yang besar, ia memastikan ketersediaan bahan pokok akan tetap stabil.

“Stok beras, stok LPG dan bahan sembako lain masih aman sesuai dengan kuota bulanan, tidak ada fluktuasi yang signifikan. Perkiraan sampai (Bulan) Februari masih aman, selama tidak ada gejolak besar,” jelasnya. (din/im)

/