Harga Kebutuhan Pokok Mulai Merangkak Naik

573
Rumiatun warga Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang salah satu pedagang bumbu dampur di Pasar Baru Tuban

kabartuban.com – Menjelang Perayaan Natal dan tahun baru, sejumlah harga sembako dan kebutuhan pokok mulai merangkak naik di sejumlah pasar tradisional di Tuban, Selasa (11/12/2018).

Beberapa kebutuhan pokok yang naik diantaranya beras dan telur. Seperti beras jenis premium dari harga sebelumnya Rp11.500, saat ini mencapai Rp12 ribu perkilogram, kemudian beras kualitas medium Rp11.500 yang sebelumnya hanya Rp 10.500 perkilogramnya.

“Naiknya mulai Rp500 hingga Rp1.000 mas,” ujar Mahfud salah satu pedagang di Pasar Baru Tuban

Pedagang lainnya, Rumiatun warga Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang menuturkan, selain beras, telur ayam juga naik, dari harga normal kisaran Rp 20 ribu hingga Rp 21 ribu, saat ini sudah mencapai Rp 24.000.

“Telur biasanya Rp 21 ribu,tapi ini naik sampai Rp 24 ribu mas,” tambahnya.

Di lain tempat, Pasar Desa Sugiharjo Kecamatan Tuban, harga kencur mengalami kenaikan yang cukup drastis, dari harga yang bisanya Rp 55-60 ribu perkilogramnya, saat ini capai Rp 70 hingga Rp 75 ribu.

“Ini sudah sedikit lama mas, harganya tinggi, belum tahu penyebabnya,” kata Pardi pedagang Pasar Grudo, Desa Sugiharjo.

Siti Rohmah ibu rumah tangga asal Kecamatan Tuban mengeluh dengan naiknya sejumlah bumbu dapur, biasanya ia beli kencur setengah kilo untuk kebutuhan beberapa minggu yang digunakan untuk penyedap masakan dan jamu untuk dikonsumsi keluarganya.

“Nilai uang yang biasa tak belikan dapat setengah kilo mas, tapi ini hanya dapat beberapa ons saja,” katanya.

Sementara itu, pantauan kabartuban.com dilapangan, bumbu penyedap seperti bawang merah, juga mulai merangkak naik, sebelumnya Rp 20 ribu, saat ini Rp 26 ribu perkilogram, dan melihat kecil besar ukuran bawangnya. Tak seperti saudaranya bawang putih malah terjun bebas ke nilai Rp 16 ribu perkilogram, dari harga semula Rp 20 ribu. Lalu gula pasir dan harga komoditas lainnya cenderung normal. (Dur/Rul)

/