Hippa Tirto Tinoto Adakan Lomba Operator Traktor

848

kabartuban.com – Himpunan Petani Pengguna Air (Hippa)  Tirto Tinoto Desa Karangtinoto, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban adakan gebrakan baru dengan mengadakan  lomba traktor, lomba yang diikuti sebanyak 57 peserta tersebut di gelar di area persawahan desa setempat.

“Lomba tersebut diikuti oleh peserta dari Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kecamatan Rengel, yang mana setiap kelompok mendelegasikan 2 anggotanya,” Ketua Hippa Tirto Tinoto, Kasiadi kepada kabartuabn.com, Rabu (12/10/2016).

Masih terang Kasiadi, untuk memberikan motifasi terhadap generasi muda yang mana minat para pemuda di bidang pertanian saat ini rendah.

“Selain untuk mengadu keterampilan operator traktor, kegiatan mengolah tanah ini bisa dikenalkan ke para generasi muda, dan kedepannya setelah mengikuti lomba ini para petani bisa mengoperasikan traktor lebih baik lagi,” ungkapnya.

Kasiadi melanjutkan, adapun kriteria dalam perlombaan tersebut diantaranya kelengkapan alat traktor, ketrampilan operator dan hasil hasil mengerjaknnya sesuai kecepatan waktu yang sudah ditentukan oleh panitia.

“Setiap peserta lomba diberi kesempatan menggarap lahan dengan ukuran 10×40 meter persegi, dan diberi waktu satu jam, terserah mau  dihabiskan dalam setengah jam bisa saja tergantung pesertanya,” pungkasnya.

Diketahui, turut hadir tamu undangan dalam memeriahkan acara hari ini, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Jakarta Pusat, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Dinas Pertanian Kabupaten Tuban, Muspika Kecamatan Rengel, Pemerintah Desa setempat beserta jajarannya.(har)

/