Jelang Larung Sesaji, Nelayan Kirab Miniatur Perahu dan Tumpeng

960
Miniatur perahu dan tumpeng saat dikirib oleh para nelayang sebelum dilarung ke laut.

kabartuban.com – Kirab Tumpeng dan Miniatur Perahu yang sudah dihias dengan berbagai aksesoris menjadi rangkaian dari acara sedekah laut paguyuban nelayan di pusat kota Bumi Wali  Tuban, Tepatnya di Gg. Ikan Layur, Kelurahan Sidomulyo,Tuban.

Panitia pelaksana sedekah laut, Lukito (35) saat di konfirmasi menangatakan, kalau kirab dilakukan dengan mengelilingi kampung nelayan, melewati Balai Kelurahan Sidomulyo, Ronggolawe, Pemuda dan Panglima Sudirman dan kemudian kembali di pelayaran (temapt istirahat para nelayan).

“Ini rangkaian dari kegiatan sedekah laut mas, nanti sekitar jam 11, miniatur perahu dan tumpeng di larungkan ke laut,” kata Lukito kepada kabartuban.com Rabu (8/11/2017).

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat di kampung Nelayan, Rasmani (60) mengatakan, kegiatan ini rutin di lakukan setiap tahun, tepatnya pada tanggal 18 bulan Sapar (penanggalan jawa) sebagai ungkapan rasa syukur nelayan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil laut yang mereka nikmati selama ini.

“Tadi sudah kirab, nanti siang larung sesaji dan pulang dari larung langsung pegelaran kebudayan tayuban,” terang Rasmani. (Dur)

/