Jelang Masuk Ajaran Baru, Kebutuhan Sekolah Naik Tiga Kali Lipat

254
Salah satu orang tua siswa saat berbelanja kebutuhan sekolah.

kabartuban.com – Sejumlah peralatan sekolah menjelang tahun ajaran baru 2018/2019 mulai menjadi buruan para orang tua untuk menyiapkan kebutuhan anaknya.

Penjualan pun mengalami kenaikan hingga tiga kali lipat dari hari biasanya. Seperti yang terjadi di Toko Kantin, jalan Veteran Kelurahan Sendangharjo, Kecamatan Tuban, Siti Kholifah(35), penjaga toko perlengkapan sekolah, saat ditemui mengatakan, barang dagangannya yang paling banyak terjual adalah seragam sekolah, Topi,  dan Sepatu.

“Per hari bisa mencapai 20 sampai 30 pasang seragam yang terjual dengan harga Rp 113.000/ pasang, dan rata-rata harga yang naik sekitar tiga ribu rupiah,” kata Siti, Sabtu (7/7/2018).

Masih kata Siti, seragam yang banyak terjual ialah seragam Sekolah Dasar (SD), untuk seragam Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) biasanya sudah disediakan oleh pihak sekolah.

“Jadi untuk perlengkapan SMP dan SMA itu tidak begitu seberapa, karena sekolah sudah menyediakan,” terang perempuan asal Kebonsari itu.

Toko yang  berdampingan dengan Pendopo Krido Manunggal Tuban ini tiap harinya dari penjualan seragam bisa meraup untuk hingga mencapai lima juta rupiah.

“Alhamdulillah, kalau hari-hari seperti ini, bisa untung banyak,” terangnya.

Sementara itu, Alya  salah satu pembeli di toko itu menyebutkan hampir setiap tahunnya pihaknya membelikan seragam buat anaknya, dan ia menilai wajar mendekati masa masuk sekolah harga kebutuhan untuk sekolah naik.

“Kenaikan harga kebutuhan sekolah, memang terjadi di setiap tahunnya, ” ujarnya ketika ditemui sedang membeli seragam anaknya.

Peningkatan harga mungkin akan terjadi sampai dimulainya tahun ajaran baru tiba. (Dur/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE