Jelang Tahun Ajaran Baru, Toko Alat Tulis Ramai dan Harga Naik

726

kabartuban.com – Menjelang tahun ajaran baru 2016/2017, sejumlah toko penjual kebutuhan alat sekolah belakangan ini mulai diserbu pembeli. Para pelajar dan wali murid tersebut terlihat mulai memborong peralatan sekolah diantaranya buku tulis, alat tulis, seragam sekolah dan sepatu.

“Biasanya seminggu atau dua minggu sebelum masuk sekolah sudah ramai, apalagi ini bersamaan dengan lebaran, jadi pembeli meningkat,” terang Sari salah satu penjaga Toko Pustaka 2000 kepada kabartuban.com, Rabu (13/7/2016).

Sari melanjutkan, buku tulis yang banyak dicari para pembeli yakni kisaran harga  mulai per Rp 1.700 hingga 1.900 persatuan, tergantung pada merk dan kualitas buku.

“Yang paling banyak dicari siswa SD biasanya karakter kartun, untuk siswa SMP dan SMA senderung buku yang yang lebih besar atau loose-leaf. Dan yang lagi tren dikalangan anak TK pensil warna yang makin banyak gradasinya,” paparnya.

Sementara itu, Devi penjaga toko di Micky Mouse menerangkan, harga sejumlah peralatan perlengkapan sekolah menjelang tahun ajaran baru ini bergerak naik. Kenaikan tersebut antara lain terjadi pada tas, buku tulis hingga aksesoris peralatan sekolah.

“Kalau buku, ada kenaikan Rp.5.000 per lusin, jadi sekarang berkisar Rp. 60.000 hingga Rp 70.000 per lusin dari sebelumnya Rp. 55.000 hingga Rp. 65.00 per lusin. Hanya itu tergantung jenis bukunya,” terangnya.

Devi menambahkan, selain pembeli eceran, pihaknya juga melayani pesanan dari beberapa koperasi yang ada disekolah-sekolah yang menyediakan buku untuk siswa. Untuk harga jual, relatif stabil namun cenderung naik di banding tahun lalu.

Dikatakannya, masih ada kemungkinan harga buku naik pada sebulan atau beberapa pekan menjelang masuk sekolah pada tahun ajaran baru, tepatnya pada Juni 2016. “Bisa saja harga naik lagi. Karena Juni merupakan puncak. Biasanya, orangtua belanja dua pekan sebelum masuk sekolah,” ujarnya. (har)

/