Menteri ESDM Serahkan Bantuan Mesin Perahu BBG Kepada Nelayan Tuban

531

kabartuban.com – Sebanyak 200 Nelayan di Kabupaten Tuban mendapatkan batuan mesin perahu, berbahan bakar perahu (BBG), bantuan tersebut secara simbolis diserahkan langsung oeh menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Ignasius Joan, saat melaksanakan kunjung ke Kabupaten Tuban, Selasa (13/11/2018).

Acara yang dilaksanakan di komplek Mangrove Center Kabupaten Tuban tersebut dihadiri puluhan nelayan dari bebagai wilayah yang berada di pesisir pantai Tuban. Dalam acara tersebut, menteri Joan juga sempat mencoba menyalakan mesin perahu konversi bahan bakar minyak (BBM) ke bahan bakar gas (BBG) yang sudah diterima nelayan.

“Ada 200 yang dibagikan hari ini, untuk Tuban tiga tahun ini sudah ada 1.096 nelayan di bawah 5 groston yang mendapatkan bantuan,” kata Joan.

Menurut Joan, penggunaan gas akan lebih menghemat bahan bakar, yang berarti akan mengurangi pengeluaran para nelayan saat melaut. Jika sebelumnya nelayan kecil menghabiskan BBM rata-rata lima liter sekali melaut, menggunakan tabung gas akan menghemat setengah pemakaianya.

“Paling kurang nelayan bisa hemat, jika mereka mampu menghemat daya belinya juga akan meningkat. Terlebih lagi tadi saya tanya jika pakei LPG ikan tidak berbau solar, dan dapat dijual dengan lebih mahal bagus toh,” tegas menteri Joan itu.

Sementara itu, Zamil, Warga Beji, Kecamatan Jenu, Tuban, salah satu nelayan yang menghadiri penyerahan mengatakan, setelah beralih menggunakan mesin dengan bahan bakar gas yang diberikan pemerintah. Dirinya dapat menghemat 50 persen pengeluaran melautnya, jika biasanya rata rata melaut menghabiskan tiga liter premium, yang dia beli dari pengecer seharga Rp30 ribu, dengan BBG dia hanya memerlukan satu tabung gas dengan harga Rp16 ribu per tabung.

“Satu tabung itu tidak habis maas, besoknya masih dapat digunakan lagi maklum kita nelayan kecil berangkat pagi siang sudah pulang,” kata Zamil.

Ditempat yang sama, Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan, jika di kabupaten yang saat ini di pimpin terdapat sekitar 2.000 nelayan kecil, dan baru setengahnya yang mendapatkan bantuan mesin konverter kit, BBG. Bupati dua periode itu berharap sisa nelayan yang belum mendapatkan bantuan tersebut dapat dipenuhi oleh menteri Joan.

“Harapanya setengah nelayan kami yang belum mendapatkan itu dapat dipenuhi oleh pak menteri, ” kata Bupati Tuban. (Luk)

/