Naker Tuban Tak Boleh Didahului Naker Luar

789

kabartuban.com – Pengurus Serikat Buruh Muslimin Indonesia Nahdlatul Ulama (Sarbumusi NU) Cabang Tuban resmi di lantik. Prosesi pelantikan di gelar di Pendopo Krido Manunggal Tuban, Sabtu (28/1/2017).

Ketua Sarbumusi NU Tuban, Irham Syah dalam sambutannya menyatakan, pemberdayaan organisasi ini menjadi sangat penting. Sebab permasalahan tentang buruh selama ini masih menjadi momok yang perlu diselesaikan.

“Semoga organisasi ini bisa berperan banyak untuk perjuangan buruh, dapat semakin solid, kuat dan mampu menawarkan terobosan alternatif untuk memperjuangkan hak-hak buruh,” ungkapnya.

Irham berharap pengurus dapat menjalankan mandat organisasi yang telah diberikan dan dipahami bersama sehingga bisa terbangun kesepahaman dan sinergi antara pengurus konfederasi dengan federasi di tingkat pusat dan daerah agar tata kelola organisasi semakin baik dan professional.

Sementara itu, Bupati Tuban, Fathul Huda menyatakan, dengan terbentuknya organisasi baru diharapkan bisa mengkoordinasi tenaga kerja, sehingga bisa melindungi tenaga kerja dari tekanan perusahaan yang tidak sesuai UU Ketenagakerjaan.

“Ke depan buruh atau pekerja utamanya asal Tuban tidak boleh lagi menjadi tamu di rumah sendiri,” jelasnya.

Huda menambahkan, saat ini sudah ada kebijakan yang mengatur tidak boleh orang luar mendahului orang asli daerah dalam ranah perekrutan tenaga kerja. Sehinga persoalan yang belum dapat terselesaikan sekarang harus dipersiapkan kemampuan untuk daya saing di lapangan. (har)

/