Pantau Disiplin Warga, Dishub Akan Pasang Pengeras Suara

455
Ruang Traffic Management Center di Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban .

kabartuban.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban berencana memasang pengeras suara di perempatan kali tempe, atau di timurnya Bravo Swalayan Tuban Jl. KH Mustain yang diberi nama Pantau Disiplin Warga. Pemasangan tersebut untuk mengurangi potensi pelanggaran lalulintas oleh pengguna jalan yang berpotensi menganggu kelancaran lalulintas, sekaligus memberikan edukasi bagi masyarakat.

“Bulan depan tahap pertama ini kami pasang satu dulu, dan akan dipasang dititik-titik lain nantinya, Pantau Disiplin Warga adalah program yang dibuat untuk memberikan edukasi bagi masyarakat agar tertib dan disiplin berlalu lintas di jalan,” kata Muji Slamet Kepal Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban (13/11/2017).

Menurut Muji, pemasangan pengeras suara tersebut terintegrasi dengan kamera CCTV yang saat ini sudah ada di lokasi tersebut. Pada hari hari tetentu, perempatan bravo cukup padat dan rawan pelanggaran lalulintas, sebab ada crossing becak wisata dan pengguna kendaraan yang melintas di jalan Basuki Rachmad, hal tersebut dipandang perempatan perlu perlakuan khusus.

“Yang mempunyai kewenangan menindak adalah petugas kepolisian, namun kami juga punya tanggungjawab mengingatkan agar pengguna kendaraan maupun becak utamanya disana tidak sembarangan di jalan demi kelancaran lalulintas,” katanya

Dalam pelaksanaanya nanti, akan ada petugas yang memantau langsung lalulintas dari ruang Traffic Management Center di Kantor Dinas Perhubungan. Petugas yang melihat potensi pelanggaan atau pelanggaran akan langung diperingatkan, dan langsung dapat didengakan oleh pengguna jalan yang bersangkutan.

“Langsung dapat diperingatkan, dan ditegur oleh petugas di runag pantau CCTV Dinas Perhubungan, kami akan kerjasama dengan kepolisiain,” kata Muji.

Dengan pemasangan CCTV Pantau Disiplin Warga,  diharapkan dapat meningkatkan kesadaan masyarakat akan pentingnya disiplin berlalulintas dijalan, dengan bengitu potensi kecelakaan dijalan dapat di tekan. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE