Pemkab Akan Bantu Bibit, Petani Korban Banjir

603
Banjir di wilayah Kecamatan Rengel yang merendam lahan pertanian dan saat ini mulai surut.

Kabartuban.com– Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, akan memberikan bantuan bibit bagi petani terdampak banjir akibat luapan sungai bengawan solo di empat kecamatan, yang mana banjir luapan sungai bengawan solo tersebut merendam sedikitnya 2.000 hektar lahan pertanian pada wilayah tersebut.

Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si mesikapi masalah banjir tersebut mengatakan kalau Pemkab melalui Dinas Pertanian akan medata seluruh lahan pertanian yang terendam banjir selanjutnya akan memberikan bantuan kepada petani.

“Kita akan mendata segera dan akan meberikan bantuan bibit untuk petani puso akibat banjir,” kata Noor Nahar Hussen.

Wabub yang juga Ketua Tanfidz DPC PKB Tuban ini menjelaskan terdapat 4 Kecamatan di Kabupaten Tuban yang terdampak cukup parah, yakni Kecamatan Soko, Rengel, Plumpang dan Kecamatan Widang.

“Petani kita ini ada di empat kecamatan yang terdampak dan itu harus di data semua untuk medapatkan bantuan, apalagi wilayah tersebut adalah lumbungpadi kabupaten Tuban” tegas Noor Nahar.

Sementara itu, Huda salah petani warga Desa Sawahan, Kecamatan Rengel megatakan, bantuan tersebut sangat dibutuhkan para petani, sebab mereka telah mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk menanam padi pada musim ini.

“Semoga ada bantuan dari pemerintah biar bisa tanam lagi,” kata Huda.

Huda sendiri mengaku rugi banyak pada musim tanam kali ini, karena sampai hari ini dirinya sudah melakukan tanam padi dua kali dan untuk kedua kalinya gagal.

“Saya sudah tanam padi dua kali, ini satu bulan lagi panen tapi sekarang gak mungkin karena tanaman padi sudah membusuk,” keluh Huda. (Lk)

/