Peringati Hari AIDS Sedunia, IPNU-IPPNU Bagi-bagi Bunga ke Pengguna Jalan

323
Salah satu pelajar putri Nahdlatul Ulama' (IPPNU) Tuban saat memberikan bunga dan selebaran berisi pesan akan bahayanya virus HIV/AIDS

kabartuban.com – Peringati hari HIV/AIDS sedunia, puluhan pelajar yang tergabung dalam Ikatan Pelajar Putra Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Cabang Tuban turun ke jalan membagikan bunga kepada pengguna jalan di sekitar Bundaran Patung Letda Sucipto, jum’at (1/12/2017).

Aksi para pelajar ini mendapat sambutan hangat dari para pengguna jalan. Pasalnya, mereka turut aktif mengajak semua masyarakat memerangi HIV/AIDS. Salah satu dengan caranya membagikan bunga mawar dan stiker bertuliskan lindungi pelajar, keluarga dan bangsa dari virus HIV/AIDS.

“Aksi Damai ini menyerukan pada masyarakat, khusus warga Tuban untuk memerangi penyakit yang mematika itu,” ujar Ketua Cabang IPNU Tuban Sutrisno kepada kabartuban.com, di sela-sela aksinya.

Tidak hanya mengajak masyarakat memerangi HIV/AIDS, para pelajar ini juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat, agar tidak menjauhi orang dengan HIV/AIDS. Sebaliknya, ODHA butuh dukungan semangat dari keluarga maupun masyarakat.

“Aksi simpatik di Hari HIV/AIDS Sedunia ini pada intinya digelar untuk mengingatkan semua masyarakat tentang bahaya penyakit HIV/AIDS, terutama bagi generasi muda, seiring maraknya pergaulan bebas,” tambanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Tuban (Kadinkes), Enda Nurul Kumarijati, saat dikonfirmasi mengatakan, pihaknya selama ini sudah melakuakn langkah-langkah pencegahan kepada diantaranya menscreening semua ibu hamil untuk deteksi dini, menscreening penderita TB HIV, kemudian berkolaborasi dengan Program Sambang Deso Noto Gomo, Seminar pada para remaja dan terakhir sosialisasi untuk preventif dan promotif.

“Kita melakukan beberapa tahapan dala mencegah HIV/AIDS kepada masyarakat,“ kata Plt.Kadinkes Tuban. (Dur)

Apa Komentarmu?

SHARE