Puluhan Pelajar Ikuti Workshop Literasi Digital Pertamina MOR V

306

kabartuban.com – Puluhan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di wilayah Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, mengikuti workshop “Literasi Digital Remaja” yang diselenggarakan Pertamina Marketing Operation Regional (MOR) V Jawa Timur.

Ada dua sekolah yang menjadi tempat workshop diadakan, yakni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mambail Futuh Jenu dan Madrasah Tsanawiyah (Mts) Mambaul Huda Jenu. Kedua sekolah ini, merupakan penerima manfaat program Pertamina Perduli Literasi (Pertalit).

Manajer Program Pertalit, Sri Wiyono, workshop literasi digital untuk remaja merupakan salah satu rangkaian program Pertalit.

“Kami memandang perlu untuk menumbuhkan budaya literasi digital buat remaja sesuai SMP dan SMA,” kata Sri Wiyono.

Produk digital yang sedang masif dipergunakan oleh siswa dan remaja adalah berbagai jenis jejaring media sosial. Media sosial membuat komunikasi semakin mudah dan banyak keuntungan, tetapi ada juga dampak negatif yang perlu ditanggulangi bersama.

“Berita hoax, provokatif, dan ujaran kebencian yang sampai menjurus ke SARA merupakan salah satu dampak negatif penggunaan media sosial yang perlu ditanggulangi sedini mungkin. Terutama di kalangan remaja sebagai pewaris generasi selanjutnya,” terang Yono.

Ada beberapa materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut dengan menghadirkan sejumlah pemateri. Para pemateri diantaranya Dion Fajar Arianto, jurnalis Trans Media sekaligus Sekretaris Ronggolawe Press Solidarity (RPS) dan juga Pipit Wibawanto, jurnalis MNC Media yang ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban.

Dua pemateri akan berbicara segala hal tentang literasi di era digital, termasuk penggunaan media sosial dan segala konsekuensinya,” kata Yono.
Program Pertalit mendapat banyak dukungan dari beberapa pihak. Selain penerima manfaat program, program peningkatan budaya literasi dan pengembangan perpustakaan ini didukung Bupati Tuban, Ketua DPRD Tuban, Sekda Tuban, Plt Kepala Dinas Pendidikan Tuban, dan juga Kepala Dipemas Tuban.
“Semoga bisa meningkatkan budaya literasi dan membantu pengembangan perpustakaan bagi sekolah. Terutama di wilayah pedesaan,” kata Plt Dinas Pendidikan, Nur Khamid.
Sebelumnya, Unit Manager Communications & CSR Pertamina MOR V JatimBaliNus, Rifky Rahman Yusuf mengatakan, komitmen Pertamina untuk turut serta dalam gerakan literasi di masyarakat cukup tinggi. Sebab, tugas bersama untuk meningkatkan pengetahuan, terutama melalui akses buku.
“Semoga saja kegiatan PERTALIT ini bisa bermanfaat lebih untuk masyarakat, terutama di Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Adapun Pertalit adalah program penggiat literasi dan pengembangan perpustakaan sekolah dan desa. Diluncurkan Pertamina MOR V pada bulan April 2018 kemarin. Menyasar 7 titik, diantaranya: Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Mambail Futuh Jenu, Madrasah Tsanawiyah (Mts) Mambaul Huda Jenu, SDN Remen 1 Jenu, SDN Remen 2 Jenu, SDN Tasikharjo Jenu, Desa Remen dan juga Desa Tasikharjo Kecamatan Jenu. (Luk)

/