Ratusan Calon Jamaah Haji Ikuti Manasik & Bimbingan Terkahir

434

Kabartuban.com –  Ratusan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Tuban yang sudah dipastikan berangkat ke tanah suci pada 26 dan 27 Agustus, hari ini mengikuti manasik haji. Selain manasik, dalam kegiatan yang dilaksanakan di Asrama Haji Tuban itu, para CJH juga mendapatkan bimbingan haji sebelum berangkat ke tanah suci.

Abdul Wahib, selaku Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban mengatakan bahwa, kegiatan manasik haji hari ini merupakan manasik yang terakhir sebelum pemberangkatan para CJH ke tanah suci Mekah. Para CJH sebelumnya juga sudah mengikuti kegiatan manasik di masing-masing kecamatan.

“Manasik haji hari ini adalah yang terkahir dan diikuti oleh 794 calon jamaah haji. Seluruhnya akan diberangkatkan dalam dua kloter pada Jumat dan Sabtu pekan depan,” terang Abdul Wahib, kepada kabartuban.com (18/8/2016).

Wahib melanjutkan, manasik dan bimbingan haji terakhir ini dilakukan guna memantabkan para jamaah sebelum berangkat, sehingga ketika sudah sampai di tanah suci para jamaah bisa melaksanakan ibadah dan pulang ke tanah air dengan lancar tanpa ada hambatan.

“Dengan bimbingan ini, diharapkan calon jamaah lebih mantap dan melaksanakan ibadah haji dengan lancar,” lanjutnya.

Sementara itu, dua calon jamaah haji dikabarkan gagal berangkat ke tanah suci karena kondisi fisik yang tidak memungkinkan.

“Ada dua yang batal berangkat, karena kondisi kesehatan yang tidak memungkinkan,” tutupnya.

Kegiatan manasik dan bimbingan haji ini dihadiri pula oleh Bupati Tuban, Forpimda dan sejumlah undangan termasuk pimpinan lembaga perbankan yang menjadi rekanan proses pembayaran haji. (lk/har)

/