Rencanakan Jadi Eco Park, Semen Gresik Tanam 3500 Pohon Pisang

498

kabartuban.com – Dalam rangka memperingati Hari Bumi (Earth Day) 2019, Semen Indonesia menggelar “Community Day: Membangun Lingkungan” yang diselenggarakan di beberapa lokasi operasional perusahaan. Senin (22/04/2019).

Senior Vice President (SVP) of Production Semen Indonesia, Joko Sulistiyanto, menyampaikan bahwa Community Day 2019 ini merupakan bagian dari program  membangun kekuatan, memajukan Indonesia, sekaligus bentuk kontribusi nyata perusahaan dalam menjaga kelestarian lingkungan.

“Dalam kegiatan kali ini, Semen Indonesia mengajak karyawan bersama elemen masyarakat di sekitar perusahaan untuk melakukan aksi nyata dalam pelestarian lingkungan melalui beberapa bentuk kegiatan, seperti penanaman pohon, pelatihan pengelolaan sampah, kampanye pengurangan sampah plastik, aksi bersih kawasan pantai dan revitalisasi kawasan hutan bakau,” jelasnya.

Sedangkan, di Pabrik Tuban pada peringatan Earth Day tahun ini melakukan penanaman 3.500 pohon Pisang Cavendish di area pasca tambang tanah liat Tlogowaru, Kecamatan Merakurak, Senin (22/4/2019).

Kegiatan penanaman pohon ini melibatkan sedikitnya 200 orang, dari perwakilan klub-klub binaan Semen Indonesia di Tuban dan dari petani greenbelt yang selama ini mengelola lahan greenbelt milik perusahaan.

“Penanaman pohon pisang di area pasca tambang tersebut selain untuk penghijauan, juga sebagai upaya perusahaan melakukan pemberdayaan masyarakat yang berada di wilayah pengembangan perusahaan, karena nanti yang mengelola tanamannya adalah masyarakat sekitar sendiri dan hasilnya pun dapat dinikmati oleh pengelolanya,” terangnya.

Menurutnya, di area pasca tambang tanah liat Tlogowaru ini akan dibuat Eco Park Kambangsemi. Di Eco Park tersebut selain akan ditanami pohon pisang, juga akan ditanami pohon Alpukat. Selain itu, di Eco Park tersebut juga akan didirikan kandang kambing. Sehingga, nantinya ditempat tersebut menjadi ladang ekonomi untuk masyarakat sekitar perusahaan.

“Eco Park ini nanti yang mengelola masyarakat, hasilnya juga untuk masyarakat. Sedangkan, perusahaan hanya inisiasi dan melakukan pendampingan saja agar Eco Park tersebut berjalan sesuai dengan yang diharapkan,’’ pungkasnya. (dur)

/