Ribuan Warga Berebut Jadi Perangkat Desa

417
Para pemohon surat keterangan dari Pengadilan Negeri (PN) saat memenuhi kantor PN Tuban di Jl. Veteran Tuban.

kabartuban.com – Ribuan warga Tuban berebut lowongan perangkat desa yang dibuka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sejak 1 Nopember lalu. Banyanya peserta ini terlihat dari jumlah warga yang datang ke Kantor Pengadialan Negeri Tuban, untuk mengurus surat keterangan tidak pernah dipidana. Sementara Pemkab sendiri hanya membuka sekitar 418 formasi perangkat desa.

“Cukup banyak yang minta surat keterangan tidak pernah dipidana, jumlahnya mencapai 2.900 pemohon, dan hingga saat ini masih banyak pemohon,” kata Humas PN Tuban, Donovan Akbar Khusama  (8/11/2017).

Dikorfirmasi terkait banyaknya peminat lowongan perangkat desa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Keluarga Berencan (Dipemas KB), Drs. Mahmudi,M.Si mengatakan, Pemkab Tuban hanya membuka 418 perangkat desa. Formasi tersebut diantaranya Sekertaris Desa, Kaur, Kasi dan Kepala Dusun, yang tersebar di 311 desa pada 20 Kecamatan di Kabupaten Tuban.

“Pendaftaran kita buka sejak 1 Nopember pada masing-masing desa, dan akan ditutup 10 Nopember besok,” kata Mahmudi.

Mahudi juga mejelaskan, kalau panita akan membuka kembali pendaftaran untuk Kecamatan atau Desa yang pesertanya belum memenuhi kuota dengan masa pendaftaran 10 hari.

“Untuk ujiannya akan dilaksanakan pada 5 Desember bertempat dimasing-masing Kecamatan, dan hasilnya akan diumumkan di hari yang sama,” jelas Mahmudi.

Terpisah, Mashudi salah satu Ketua Panitia Rekruten perangkat desa, di Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak, mengungkpkan, didesanya hanya ada lowongan Sekdes, sejauh ini sudah ada 7 warga yang mendaftar di desa tersebut.

“Tujuh orang sudah menyerahkan berkas, yang masih melengkapi berkas dan belum diserahkan kembali ada sekitar 30 orang,” kata Mashudi.

Untuk diketahui, dari 418 lowongan tersebut berada di Kecamatan Kenduruan sebanya 16 lowongan, Jatirogo 26 lowongan, Bangilan 20 lowongan, Bancar 26 lowongan, Senori 18 lowongan, Tambak Boyo 24 Lowongan, Singgahan 18 lowongan, Kerek 21 Lowongan Parengan 27 lowongan, Montong 24 Lowongan, Soko 31 lowongan, Jenu 17 lowongan, Meakurak 20 lowongan, Rengel 25 lowongan, Semanding 26 loeongan, Tuban 5 lowongan, Olumpang 17 lowongan, Palang 23 lowongan, Widang 20 lowongan dan Grabagan 14 lowongan. (Luk)

Apa Komentarmu?

SHARE