Sehari Jelang Lebaran, Pasar Baru Tuban Padat Pengunjung

239

kabartuban.com – Satu hari menjelang Hari Raya Idul Fitri, pengunjung Pasar Baru Tuban membludak. Tidak hanya hari ini, tingginya jumlah pengunjung tersebut, sudah di rasakan sejak sepekan terakhir.

Petugas Portal UPTD Pasar Baru Tuban, Zuherlan, mengatakan, lonjakan pengunjung pasar membuat petugas harus bekerja ekstra mengatur pengguna sepeda motor yang berjubel di halaman pakir Pasar Baru Tuban itu. Bahkan petugas parkir juga ditambah untuk membantu mengatur parkir pengunjung.

“Sudah satu minggu yang lalu mulai ramai mas, jadi dari pihak petugas piket malam ikut terjun menertibkan pagi hari,” kata Zuherlan

Dia menjelaskan, jumlah kenaikan pengunjung pasar mencapai dua kalii lipat dibanding hari biasan, jika hari–hari biasa paling banyak pengunjung 900 kendaraan terdiri dari 750 roda dua dan 150 mobil, menjelang lebaran ini bisa sampai 1.500 kendaraan terdiri dari 1.130 pungguna sepedah motor dan 370 pengguna mobil.

“Pengunjung normal kembali satu minggu setelah hari raya idul fitri atau lebih tepatnya setelah kupatan,” terang Zuherlan.

Sementara itu, banyaknya pengunjung di Pasar membawa berkah bagi Soimah, penjual jajanan yang berada di Pasar Baru Tuban, dengan adanya lonjokan pengunjung dagangan kue dan jajanan milikya laris menjelang lebaran ini.

“Kalau sebelum hari raya ini nggak tutup mas, ya biasanya paling banyak yang beli waktu seperti ini, waktu hari lebaran saya baru tutup,’ ujar Soimah.

Pantauan di lapangan, kondisi berjubel tidak hanya dihalaman Pasar Baru Tuban, hingga siang hari didalam pasar juga masih berjubel, utamanya dikawasan lapak pedagang pakaian dan jajanan lebaran. (Hon)

/