SSA Diberlakukan, Warga Keluhkan Banyak Kendaraan Parkir di Jalan Basra

374

kabartuban.com – Diterapkannya jalur satu arah di sepanjang Jalan Basuki Rahmad yang dimaksudkan untuk mengurai kepadatan kendaraan, nampaknya belum sepenuhnya bisa menyelesaikan masalah. Namun, masalah baru yang muncul dan dikeluhkan oleh pengguna jalan. Penguna jalan mengeluhkan banyaknya kendaraan yang terparkir di sisi kanan dan kiri jalan.

“Kalau dari arah timur sekarang enak lewat sini, sepi dan lancar, tapi kendaraan yang terparkir di jalan sekarang malah banyak,” terang Sukirno, salah satu pengguna jalan, kepada kabartuban.com, Jumat (2/9/2016).

Ia menuturkan, selain melakukan sosialisasi dan memberikan tindakan bagi para pelanggar, pemerintah bersama dengan kepolisian juga harus memperhatikan ketertiban parkir. Karena tujuan diberlakukanya jalur satu arah adalah untuk memperlancar dan mengurangi kepadatan bukan menjadi tempat parkir disisi kanan dan kiri jalan.

“Ini harus ditata, soalnya parkir terkadang tepat disisi kanan dan kiri jalan yang membuat badan jalan menjadi sempit,” ujarnya.

Sementara itu, Kanit Turjawali, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tuban, Iptu Asik mengatakan, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban terkait dengan pengelolaan parkir. Salah satunya dengan memberikan marka parkir agar kendaraan yang parkir lebih tertib.

“Nantiakan kami koordinasikan dengan Dishub, karena itu otoritas mereka,” terang Asik, saat ditemui di Mapolres Tuban.

Asik menambahkan, dalam dua hari ini pihaknya masih banyak menemukan pelanggaran, bahkan di hari pertama patroli yang dilakukan oleh petugas lalulintas di Jalan Basuki Rahmad masih menemukan kurang lebih 170 pelanggar.

“Pelanggar masih banyak, namun sudah lebih sedikit dibandingkan hari pertama,” jelasnya.  (lk/har)

/