Tari Kalongkeng Meriahkan Pentas Seni Pelajar Tuban

542

kabartuban.com – Guna menumbuhkan rasa cinta terhadap budaya tradisional di kalangan remaja, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban melalui Dinas Perekonomian dan Pariwisata (Disperpar) Kabupaten Tuban menggelar acara Pentas Seni Pelajar Tuban. Acara yang digelar di Alun-alun Tuban itu dimeriahkan dengan penampilan Tari Kalongkeng dan Karawitan.

“Alasan kenapa menampilkan Tarian Kalongkeng dan Karawitan, karena di Tuban sendiri banyak goa yang dihuni ribuan kelelawar, maka dari situ kami mencoba untuk mangangkat budaya dari kota Tuban sendiri,” terang Kusworo, selaku Ketua Penyelenggara Pentas Seni Pelajar Tuban, kepada kabartuban.com, Sabtu (20/8/2016).

Kusworo berharap agar pihak-pihak terkait segera memberikan pembinaan terhadap para pelajar agar kegiatan Penta Seni tidak hanya berhenti sampai disini. Karena pelajar yang memiliki keinginan untuk berkesenian langka di zaman yang semakin modern.

“Kami berharap para pelajar yang mengikuti kegiatan ini agar diberikan pembinaan, karena di zaman yang semakin modern seperti sekarang ini, pelajar yang mau berkesenian itu langka,” harapnya.

Kusworo menambahkan, pembinaan tersebut perlu dilakukan agar kedepanya para pelajar bisa menyalurkan bakat dan harapan terhadap kesenian yang ada di Indonesia, serta generasi muda dapat mengapreiasi kesenian dan berkreasi diluar pendidikan formal.

“Pemerintah mengapresiasi dan mendukung semua kegiatan yang memberikan ruang terhadap para remaja dalam berkesenian,”pungkasnya.

Diketahui, para peserta dari para pelajar SMP dan SMA tersebut terlihat fasih memainkan alat musik tradisional, dan nyanyian Gending Jawa. (ning)

/