Vaksin Rubella dan Campak Akan Sasar 240 ribu Anak di Tuban

445
Vaksin Campak dan Rubella (Ilustrasi-foto global-news.co.id)

kabartuban.com – Pemerintah tengah melaksanakan program vaksinasi Campak dan Rubella yang dimulai Agustus ini secara serentak, vaksin tersebut akan diberikan bagi balita dan anak mulai usia 9 bulan hingga 15 tahun.

Tak terkecuali di Kabupaten Tuban, daerah ini juga termasuk daerah yang akan menerima vaksin dari Pemerintah secara gratis yang sudah dimulai sejak 1 Agustus ini. “Secara serentak sudah dimulai, termasuk Tuban,” kata dr. Saiful Hadi Kepala dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Rabu (2/8/2017).

Menurut Saiful, terdapat 240.614 anak di Bumi Wali Tuban yang menjadi sasaran Vaksin Campak dan Rubella, mereka tersebar diseluruh Kecamatan di Tuban yang terdaftat di masing masing Puskesmas. Dalam kegiatan tersebut Dinas Kesehatan menargetkan 100 persen sasaran tervaksin dalam program itu.

“Target kami seluruhnya, sukur jika lebih banyak yang dapat kita vaksin,” jelas Saiful.

Lebih lanjut, pelaksanaan vaksin akan melibatkan seluruh petugas kesehatan, baik dipuskesmas, Ponkesdes, hingga kegiatan Posyandu. Disamping itu kegiatan juga akan dilaksanakan di sekolah-sekolah, oleh petugas yang ditunjuk dari masing masing Puskesmas.

“Kita juga libatkan stake holder, seperti pengasuh Pondok Pesantren dan sejenisnya, karena sasaran kami adalah anak-anak, dan semua harus di vaksin,” lanjut Saiful.

Dijelaskan, Virus Campak tergolong penyakit berbahaya, sebab jika tidak segera ditangani akan cenderung mematikan. Gejala campak ditandai dengan panas tinggi, batuk, pilek dan timbul ruam merah pada kulit, bahkan pada fase lanjutan penderita dapat mengalami pendarahan.

“Komplikasi dari campak itu yang parah menyerang otak,” tarang Saiful.

Sememtata itu, Rubella mirip dengan Campak, meski tidak mengancam jiwa, namun dampak yang ditumbulkan dapat mengakibatkan sindrom dan kecacatan lahir pada bayi.

“Kalau sindrom itu menyerang, dapat membuat bayi buta lahir dan tuli lahir, yang terparah otak bayi mengecil,” pungkas Saiful. (Luk)

/