Sawah Terendam, Petani Merugi Puluhan Miliar

439

kabartuban.com – Hujan yang melanda di sebagian besar daerah Kabupaten Tuban akhir-akhir ini menyebabkan 1.279 hektar area persawahan yang tersebar di beberapa Kecamatan di Tuban.

Joko Ludiono selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupatèn Tuban, ketika ditemui di kantornya Senin (22/2/2016) mengungkapkan, ratusan hektar sawah yang terendam banjir ada di empat kecamatan. Yakni, Kecamatan Merakurak 69 hektar, Kecamatan Plumpang 380 hektar, Kecamatan Rengel 750 hektar, dan Kecamatan Palang 80 hektar.

”Akibat hujan deras yang melanda wilayah Tuban ini setidaknya menenggelamkan 1.279 hektar areal persawahan,” kata Joko.
Pria yang juga menjabat sebagai Plt Kepala BPBD Tuban ini menyatakan, jika asumsi kerugian perhektarnya Rp 15 juta. Maka kerugian para petani akibat banjir tersebut mencapai Rp 22,7 miliar. ”Akibat bencana alam ini kerugian petani cukup besar. Jika padi usia tanamnya semakin tua maka kerugian petani akan semakin besar,” paparnya.

Untuk mengurangi kerugian, lanjut Joko, para petani yang mempunyai sawah di sekitar area rawan banjir dihimbau untuk memanen dini tanaman padinya. sehingga diharapkan angka kerugian bisa ditekan seminimal mungkin.

“Walaupun padi belum waktunya panen, bisa dipanen dini atau panen paksa, untuk meminimalisasi jumlah kerugian yang harus ditanggung petani. Dari pada terendam air padi akan membusuk dan kerugian petani akan semakin besar,” tutupnya. (al/riz)

/